Rabu, 05 Oktober 2011

DO'A - DO'A

Doa Mohon Kemudahan

Doa Mohon Kemudahan, Pada jaman penjajahan Belanda, mungkin tidak seorang pun yang bisa memastikan bahwa Indonesia bisa merdeka dari penjajahan. Betapa mungkin rakyat Indonesia yang bersenjatakan bambu runcing dapat menang melawan Belanda yang bersenjatakan meriam. Mustahil. Tetapi, tidak ada yang mustahil bagi Allah karena dia MahaKuasa atas segala sesuatu. Dan ternyata terbukti, Indonesia pun bisa terbebas dari penjajahan.

Itu adalah pelajaran penting bagi kita semua. Tidak ada yang sukar kalau Allah sudah menghendakinya mudah. Karena itu, ketika kita terbentur persoalan, apapun itu, yang rumit ataupun tidak, jangan pernah melupakan Allah. Jangan pernah putus harapan. Dia yang MahaSanggup menyelesaikan masalah. Dia juga tidak pernah jauh dari hamba-Nya. Ketika hamba-Nya meminta agar dimudahkan dalam setiap urusan, pasti Allah mengabulkannya.

Doa di bawah ini diberikan oleh Rasulullah SAW bagi kita yang menginginkan terbebas dari kesukaran dan berharap kebahagiaan.

Bacaan Doa Mohon Kemudahan
Allaahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul huzna in syi’ta sahlan

Arti Doa Mohon Kemudahan
Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali Engkau tetapkan itu mudah. Dan apabila Engkau berkehendak, maka Engkau bisa menjadikan kesedihan itu menjadi kemudahan. (H.R. Ibnu Hibban)”



Doa Mohon Perlindungan Allah


Doa Mohon Perlindungan Allah, Seringkali orang beranggapan bahwa ketika dirinya berada dalam kemelaratan maka dia sedang diuji oleh Allah. Sebaliknya, ketika dia dikaruniai limpahan harta, maka dia sedang dirahmati oleh-Nya. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar sebab sesungguhnya kondisi kaya dan miskin merupakan ujian dari-Nya. Kemiskinan yang mendorong seseorang untuk bersabar dan tetap beramal saleh adalah kondisi yang baik. Begitu pula kekayaan yang mendorong seseorang untuk beramal dan selalu bersyukur. Sebaliknya, ketika kemiskinan membawa seseorang berlaku kufur, maka itulah yang tidak baik. Pun demikian dengan kekayaan yang menggiring seseorang berlaku tercela dan kufur nikmat.

Doa di bawah ini adalah permohonan perlindungan kepada Allah dari mudarat kekayaan dan kemiskinan, serta perlindungan dari fitnah, neraka, azab kubur, dan dajjal.

Bacaan Doa Mohon Perlindungan Allah
Allaahumma innii a’uuzubika min fitnatin naari wa ‘azaabin naari wa min fitnatil qabri wa ‘azaabil qabri wa min syarri fitnatil ginaa wa min syarri fitnatil faqri wa min syarri al-masiihid dajjaali

Arti Doa Mohon Perlindungan Allah
Ya Allah, sungguh aku mohon perlindungan kepada-Mu dari bencana api neraka, siksa neraka, bencana kubur, dan siksa kubur. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan ujian atas kekayaan, dari kejelekan ujian atas kefakiran, serta dari kejahatan dajjal. (H.R. Tirmizi)”



Doa Mohon Perlindungan Dari Penyakit


Doa Mohon Perlindungan Dari Penyakit, Mungkin tidak berlebihan kalau dinyatakan bahwa kesehatan adalah pangkal kebahagiaan. Sebab, dengan kesehatan maka kita bisa menikmati apa pun. Kenikmatan makan misalnya, baru bisa dirasakan apabila kondisi kita sehat. Begitu pula kenikmatan-kenikmatan lainnya.

Di era modern seperti sekarang ini, aneka penyakit baru terus bermunculan. Penyakit-penyakit yang tidak pernah dikenal di masa lalu kini muncul dengan beragam jenisnya. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Kita berlindung kepada Allah dari aneka penyakit tersebut. Doa di bawah ini mengandung permohonan agar kita senantiasa dilindungi dari penyakit-penyakit ganas.

Bacaan Doa Mohon Perlindungan Dari Penyakit
Allaahumma innii a’uuzubika minal barasi wal junuuni wal juzami wa sayyi’il asqaam

Arti Doa Mohon Perlindungan Dari Penyakit
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit sopak, gila, kusta, dan penyakit-penyakit ganas lainnya. (H.R. Ibnu Majah)”


Do’a Mohon Tempat yang Baik



Do’a Mohon Tempat yang Baik, Tetapi dalam berbagai keadaan yang sering kali berubah sangat dianjurkan untuk dibacanya seperti akan melaksanakan pemilihan umum.



 Artinya: “Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.” (Al-Isra’: 80).

Penjelasan:
Doa di atas dibaca bukan hanya dikhususkan ketika kita akan pergi. Tetapi dalam berbagai keadaan yang sering kali berubah sangat dianjurkan untuk dibacanya seperti akan melaksanakan pemilihan umum untuk memilih pemimpin. Doa di atas dibaca agar kita mendapatkan pemimpin yang jujur dan bijaksana. Baik juga doa di atas dibaca ketika kita akan meninggalkan tempat yang kita huni (dunia), memohon agar ditempatkan pada tempat yang layak setelah meninggal. Demikian Al-Qurthubi menjelaskan dalam tafsirnya.



Do’a Agar Keluarga Maslahah


Do’a Keluarga Maslahah. Merupakan doa yang sering dibacakan agar orang mendapatkan keluarga yang mashlahah dan sakinah mawaddah, doa ini sangat manjur untuk menciptakan keluarga bahagia.



Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Ibrahim: 41-42).

Penjelasan:
Doa diatas baik sekali dibaca dalam berbagai kesempatan, agar diri kita dan keluarga kita serta turunan kita senantiasa taat dan rajin beribadah kepada Allah Swt., khususnya ibadah shalat yang telah diwajibkan.

Dalam Al-Quran dikisahkan, bahwa doa tersebut dibaca oleh Nabi Ibrahim a.s., ketika ia baru saja memohon agar kota Mekkah dijadikan kota tentram, aman dan anak turunannaya diselematkan dari menyembah berhala. Lebih detail tentang kisah nabi ibrahim bisa dilihat dalam Al-Ouran Surah Ibrahim ayat 35-42.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar